Langsung ke konten utama

Puisi : Untuk Semua, Milik Semua

Dihalte-halte, metro mini, mahal senyum
Udin kecil masih berlari diujung gerimis
Gerimis dari awan diujung kelam
Gerimis disudut mata dari nasib kaum urban
Bawa berdesir mungkin derita akan hilang
Sorot matanya masih menyiramkan sebuah semangat
Semangat berebutan recehan pengganjal muram
Puisi panjang yang tidak dimulai hari ini.

Butet kecil dan ucok bayi di gendongan
Masih termangu disudut stasiun kota
Sampai kereta tiba-tiba langsam distasiun
Diperon-peron, bangku tunggu, masih mahl senyum
Kaki-kaki kecil berebutan mengejar kereta
“Hanya kereta langsam distasiun?”
Dibotol-botol pelastik kereta ada secercah harapan
Agar ucok digendongan bisa jadi pejabat
Mimpi-mimpi yang melahirkan puisi tanpa aksara
Puisi panjang yang tidak dimulai hari ini

Diradio-radio, televisi, surat kabar, masih mahal senyum
Bukannya dibawah gerimis diujung kelam
Tidak berebutan recehan dan tidak mengejar kereta langsam
Ada kita yang mengejar makna
Merubah bahasa berebutan recehan pengakuan
Berebutan satu-satu senyum yang mahal
Hanya puisi pendek yang kita mulai hari ini

Derita masih saja berjalan
Seakan memintal seribu kesal
Sejuta rindu penuh penantian
Puisi……puisi……
Untuk semua yang kita mulai.


Siti Ambia, 2006.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Membincang Telimpuh Hasan Aspahani

Membaca puisi-puisi dalam Telimpuh, kumpulan puisi kedua Hasan Aspahani, ibarat menyimak percakapan yang digambar dengan berbagai teknik dan dipulas dengan warna-warna yang melimpah. Tengok saja: ”Lupakan aku,” ujarmu dengan suara pipih dan lembab di bingkai pertama, balon percakapan itu tiba-tiba pecah dan menjelma kabut, juga dingin dan kata-kata di dalamnya jadi percik rintik. Aku menggambar payung untukmu, tapi kau menolak dan meminta aku memelukmu: ”Biarkan aku basah dan hilang dalam sejarah ingatanmu.”

Puisi-Puisi Emong Soewandi

MOSAIK SEBUAH JEMBATAN KEDUKAAN kedukaan kini mesti diseberangi dengan berat yang mungkin tak terimbangkan antara aku dan keinginan, serta hati yang telah tertatih membimbing imajinasi ke puisi romantik tentang laut dan pelangi. maka jadilah bentuk dan garis bersinggungan tak-beraturan tanpa pangkal tanpa akhir tanpa isi tanpa tubuh adalah kegelisahan sebagai sandi-sandi rahasia yang memerlukan kunci pembuka diikat dengan rantai-rantai matahari ambang fajar. namun selalu saja lupa dimana ditaruh sebelumnya atau, mungkin telah lolos dari kantung untuk ingkari kesetiaan janji tentang bertanam benih di lahan yang baik ah, tentu butuh waktu untuk menemukannya sementara galau telah sampai di puncak tanpa purna-kepastian bengkulu, oktober 2005 LALU KEMARAU DI BULAN KEEMPAT belum ‘kan ada bunga kopi mekar, yang tegak di atas cadas. di antara daunan yang terkulai ditampar kering bumi. yang memang sulit tepati janji berikan mata air. maka jadilah pagi hari kita cukupkan saja dengan selemba...

Khusus Wawancara dengan Penyair

SANG wartawan itu akhirnya bisa juga mencuri kesempatan, bertemu dengan Penyair Pujaan. Sejumlah pertanyaan sudah lama dia persiapkan. Sudah lama mendesak, "kapan kami diajukan?" Tapi, maklum penyair sibuk, ada saja halangan. Wawancara pun berkali-kali harus dibatalkan. *** + Anda sibuk sekali, Penyair? Ya, saya harus melayani kemalasan, masih direcoki oleh khayalan, dan sesekali harus bersembunyi jauh keluar dari diri sendiri. Belum lagi omong kosong yang sering datang bertamu, tak tentu waktu. Jangan kira jadi penyair itu enak. Jangan kira penyair itu seorang penguasa kata-kata. Kau tahu? Penyair yang baik itu adalah pelayan kerisauan bahasa. Dia harus memperlapang, apabila ruang pemaknaan menyempit. Dia harus mengajak dolanan, jika bahasa dirudung kemurungan. Tapi, dia harus mengingatkan, pabila bahasa mulai gurau kelewatan. + Ngomong-ngomong, puisi Anda pada kemana nih? Kok sepi? Ya, belakangan ini saya memang tidak banyak melahirkan puisi. Saya hanya menyiapkan banyak se...